Jun 3, 2015

Tutorial Cara Membuat Account E-mail Di Google Atau (Gmail)

Tutorial Cara Membuat Account E-mail Di Google Atau (Gmail)

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU tentang bagaimana cara membuat E-mail di google atau gmail.

Apakah yang dimaksud dengan E-mail?
E-mail atau Electronic Mail adalah sebuah surat yang dikirimkan dalam bentuk kumpulan data electronic melalui penyedia jasa elektronic.

Di era yang serba digital ini pemilikkan E-mail sangatlah penting.
E-mail tidak hanya sebagai alat kirim surat-menyurat saja, E-mail dapat digunakan untuk segala hal seperti pembuatan Blog, pembuatan Website, melamar kerja, menawarkan produk atau jasa, memesan barang, dll.
Bahkan sekarang ini E-mail digunakan juga untuk menyingkronkan Smart Phone seperti Android dan OS-OS lainnya.

Sekarang ini banyak penyedia E-mail yang tersebar di seluruh dunia.
Sebut saja beberapa penyidia jasa pengiriman E-mail yang terbesar di dunia yaitu google.com, yahoo.com, dan masih banyak lagi.

Mengingat pentingnya memiliki E-mail tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU bagaimana cara membuat sebuah account E-mail di Google atau yang sering kita sebut Gmail.

Kenapa harus Gmail?
Karena saya rasa Gmail lebih accessible bila dinggunakan oleh sobat-sobat tunanetra dan yang tidak kalah pentingnya, Gmail juga dapat kita gunakan sebagai sarana berbagai hal seperti membuat account di Youtube, membuat blog di Blogspot, dll.

Baiklah, mari kita mulai saja bagaimana cara membuat E-mail di Gmail.
Bagi yang ingin tahu caranya silahkan perhatikan langkah demi langkah yang akan saya berikan dibawah ini:

CARA MEMBUAT ACCOUNT GOOGLE ATAU (GMAIL)

  1. Buka halaman mail.google.com.
    Lalu cari link Tambahkan Akun dan tekan enter.
    Setelah cendela "Tambahkan Akun" telah terbuka, silahkan cari link Buat akun dan tekan enter.
  2. Kemudian ikutilah beberapa petunjuk di bawah ini untuk mengisi setiap Form yang ada.
  3. Pada "Nama Depan" ketikkan nama depan sobat-sobat.
  4. Lalu tekan Tab sekali sampai ke "Nama Belakang". di sini ketikkan nama belakang Sobat-sobat.
  5. Lalu tekan Tab sekali sampai ke "Pilih Nama Pengguna Anda". Pada "Pilih Nama Pengguna Anda" ketikkan nama pengguna yang sobat-sobat inginkan.
  6. Kemudian tekan Tab sekali sampai ke "Buat Sandi". Pada "Buat Sandi" ketikkan Password yang sobat -sobat inginkan, minimal 8 karakter, kalau bisa menggunakan perpaduan antara huruf, tanda baca dan angka.
  7. Lalu tekan Tab sekali sampai ke "Konfremasi Sandi Anda". Pada "Konfremasi Sandi Anda" ketikkan kembali password yang tadi sobat-sobat ketikkan pada kotak edit "Buat Sandi".
  8. Kemudian tekan Tab sampai ke "Tahun". Pada "Tahun" ketikkan tahun kelahiran sobat-sobat.
  9. Lalu tekan Tab sampai ke combol box "Bulan". Lalu pada combol box "Bulan" tekan tombol Space dan gunakan panah bawah untuk memilih bulan kelahiran sobat-sobat dan tekan Enter setelah ketemu.
  10. Lalu tekan Tab sekali sampai ke kotak edit "Tanggal". Pada kotak edit "Tanggal" ketikkan tanggal kelahiran sobat-sobat.
  11. Lalu tekan Tab sampai ke combol box "Gender". Pada combol box "Gender" tekan tombol Space dan gunakan panah bawah untuk memilih jenis kelamin sobat-sobat.
  12. Kemudian tekan Tab sampai ke "Ponsel". Pada "Ponsel" ketikkan nomor ponsel yang sobat-sobat miliki.
  13. Lalu tekan Tab sampai ke "Alamat E-mail Anda Saat Ini". Pada "Alamat E-mail Anda Saat Ini" isilah dengan alamat E-mail lain yang sobat-sobat miliki. Namun bila tidak memiliki E-mail yang lainnya kotak edit ini boleh dikosongkan.
  14. Pada "Buktikanlah Bila Anda Bukan Robot" masukkan tulisan yang ada pada gambar capcha yang telah disediakan.
    Bagi sobat-sobat tunanetra tulisan tersebut dapat diakses dengan bantuan Webvisum dengan menekan tombol Control + Alt + angka 6.
    Namun bila tulisan tersebut tidak mampu dikenali maka tekan Tab sampai ke "Dapatkan Tantangan Baru" dan tekan Enter, untuk mendapatkan gambar pengujian yang baru.
    Keterangan lanjut tentang Webvisum, bisa dibaca di Cara mudah Mengatasi Verifikasi Capcha
  15. Namun bila sobat-sobat ingin mencoba pengujian dalam bentuk suara sobat-sobat bisa menekan Enter pada "Dapatkan Tantangan Audio".
  16. Kemudian tekan Tab beberapa kali sampai pada "Langkah berikutnya" lalu tekan enter.
  17. Setelah melalui langkah-langkah di atas, jika sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU dibawa kembali ke halaman pengisian data-data lagi, berarti beberapa data yang sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU masukkan tadi ada yang salah, tidak valid atau tidak bisa diterima oleh pihak Google. Maka ulangilah sampai mendapatkan isian yang bisa diterima Google.
  18. Namun jika sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU dibawa langsung ke halaman untuk memasukkan data-data Profile account sobat-sobat, maka proses pembuatan account Gmail ttersebut telah berhasil, maka isilah Profil account sobat-sobat dengan data-data yang sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU inginkan dan ikutilah langkah demi langkah yang diberikan oleh pihak Google hingga selesai.

Mungkin itu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini.
Jika ada kurang dan lebihnya, saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya.
Akhir kata, sampai ketemu di postingan-postingan saya yang lainnya.

Location: Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

0 comments:

Post a Comment