Jun 7, 2015

Tutorial Cara Mudah Membuat Blog Di Blogger/Blogspot

Tutorial Cara Mudah Membuat Blog Di Blogger/Blogspot

Sebelum membahas bagaimana caranya membuat suatu Blog, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui definisi/pengertian Blog itu sendiri.

Difinisi Blog

Menurut pendapat saya, Blog adalah suatu web yang berisi berbagai hal yang dibuat langsung oleh penggunanya sesuai dengan tujuan dari dibuatnya Blog itu sendiri.
Pada awalnya Blog hanya berisi catatan pribadi/diari online pemiliknya, Namun dewasa ini topik Blog telah berkembang lebih luas sebagai tempat berbagi informasi seperti ilmu pengetahuan, pendidikkan, teknologi dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Blog

Semakin banyak orang yang mengetahui potensi dari suatu Blog, semakin banyak orang yang ingin tahu bagaimana caranya membuat suatu Blog.
Membuat Blog tidaklah susah. Banyak platform blog yang bisa sobat-sobat gunakan.
Menurut saya ada dua platform besar yang bisa sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU coba, yaitu Blogspot dan Wordpress.
Namun dari dua platform diatas, menurut hemat saya, Blogspot lebih mudah dan praktis untuk sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU gunakan. Bagi yang ingin tahu bagaimana caranya membuat blog di blogspot, silahkan perhatikan langkah demi langkah yang akan saya berikan dibawah ini:

  1. Pastikanlah terlebih dahulu bahwa sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU telah memiliki account E-mail di Google atau yang sering kita sebut Gmail.
    Jika belum memiliki account Gmail, silahkan sobat-sobat terlebih dahulu buatlah account Gmail.
    Untuk cara membuat account Gmail, sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU bisa baca disini: Tutorial Cara Membuat Account E-mail Di Google Atau (Gmail)
  2. Setelah urusan E-mail telah beres, langkah yang harus sobat-sobat lakukan adalah mengunjungi alamat www.blogger.com dan masukan Username dan Password account Gmail yang sobat miliki.
  3. Di dalam halaman Dashboard silahkan sobat telusuri kebawah sampai ketemu dengan menu "Blog Baru". Klik pada menu itu untuk memulai membuat Blog.
  4. Disini sobat langsung dibawa ke halaman baru yang berisi kolom pengisian formulir.
    silahkan sobat-sobat isi formulir yang ada.
    - judul: menggambarkan tema blog itu sendiri. isilah dengan apa yang sobat-sobat inginkan. Semisal "KOSTOLESTEKSISTIKUSTU"
    - Alamat: pilihlah apa yang sobat-sobat DGTK inginkan. Carilah kata yang unik yang jarang orang gunakan.
    - Template: bisa sobat atur setelah blog jadi melalui menu setelan dasar.
  5. Klik "Tombol Buat Blog."
  6. Selesai.
    Sampai disini sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU telah memiliki satu Blog Sendiri.

Itulah langkah-langkah membuat Blog di Blogspot. Semoga artikel ini dapat membantu sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU yang ingin memiliki Blog sendiri.
untuk cara membuat postingan akan saya bahas pada kesempatan yang akan datang.
Akhir kata, sekian dulu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Sampai ketemu di postingan-postingan saya yang lainnya.

Location: Kota Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment