Jan 27, 2015

VOCALIZER DAMAYANTI UNTUK ANDROID

VOCALIZER DAMAYANTI UNTUK ANDROID

Setelah kemarin saya memosting Pengertian Talkback Di Android pada kesempatan kali ini izikanlah saya berbagi sebuah vocalizer damayanti untuk ponsel android Sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU semua.

Nah bagi yang berminat, silahkan sedot terlebih dahulu peralatannya dibawah ini:

  1. Vocalizer Ex 1.0.2.3.apk download disini
  2. Vocalizer Expressive Voice Damayanti Plus download disini

Setelah selesai download semua peralatan diatas, silahkan Extract kedua file hasil download dengan software file manager bernama X Plore atau AndroiZipRoot.
Jika belum memilikinya, silahkan download melalui PlayStore.

Dalam proses pengekstrakkan kita harus perhatikan dengan jeli apa saja isi file yang ada di dalam Vocalizer Expressive Voice Damayanti Plus. Dalam hasil ekstrak file audio damayanti terdapat folder idi. Ingat baik-baik folder ini karena folder ini nanti yang akan kita gunakan. Kode idi atau id melambangkan jenis bahasa yaitu Indonesia. Untuk bahasa Inggris adalah enu.

Kita tinggalkan sementara hasil ekstrak tadi. Buatlah folder VocalizerEx, bisa di folder internal telepon atau di kartu memori.
Menurut pengalaman pribadi, jika sobat-sobat menggunakan ponsel samsung atau lg, silahkan buat folder VocalizerEx di memory internal, tapi jika menggunakan ponsel buatan lokal silahkan buat folder VocalizerEx di dalam memory Eksternal.

Buatlah folder VocalizerEx ini di bagian paling luar dari salahsatu lokasi memori yang sobat pilih. Perhatikan penulisan huruf besar dan kecilnya. Harus sama seperti yang dicontohkan. Kemudian kita beralih ke folder idi tadi dan copy ke dalam folder VocalizerEx yang sudah kita buat.
Setelah jadi susunannya akan seperti ini: sdcard0 lalu folder VocalizerEx kemudian di dalamnya ada folder id. Itu juga kita meletakkannya di memori ponsel selain samsung. Samsung memberikan nama ExtSdcard untuk memori card nya.
Selanjutnya lakukan instalasi software tts VocalizerEx yang berformat apk. Ketuk dua kali di file tersebut dan ikuti petunjuk instalasi.

Setelah selesai melakukan instalasi software VocalizerEx, berikutnya masuk ke menu Settings lalu temukan menu Language and input atau Bahasa dan masukan, lalu temukan menu Keluaran teks ke suara atau Text to speech output, dan beri tanda centang pada pilihan VocalizerEx TTS. Ada peringatan muncul, klik tombol Ok.

Jika bahasa ponsel masih dalam bahasa Inggris maka ubahlah terlebih dahulu. Masih di posisi menu Langage and input atau Bahasa dan masukan, temukan menu Language atau Bahasa. Biasanya ada di bagian paling atas menu. Masuklah ke dalamnya dengan cara mengetuk dua kali, lalu pilih Bahasa Indonesia.

Selanjutnya sobat dapat menjelajah sendiri ke bagian Setting VocalizerEx tts yang berada tepat setelah pilihan VocalizerEx TTS di atas tadi. Bereksplorasilah secara mandiri.

Berikut beberapa penjelasan mengenai menu-menu yang ada didalam Settings VocalizerEx TTS:

  1. WAP amplitude. Untuk mengatur volume. Jadikan saja 100.
  2. Speech rate multiplier. Kecepatan bicara, aturlah sesuai selera teman-teman.
  3. Pitch multiplier. menu ini untuk mengatur tinggi dan rendah nada bicara.

Bagi sobat-sobat yang ingin mencari vocalizer audio yang lain lagi, bisa cari di: klik disini

Ingat, hasil download file audio dari situs nvda masih berformat .addon. Ganti namanya terlebih dahulu dengan menggunakan file manager X Plore menjadi berakhiran zip.
Misal karen.addon ubah menjadi karen.zip. Kemudian ekstrak seperti damayanti di atas dan temukan folder yang memiliki kode bahasa tertentu. Tinggal lakukan copy dan paste ke folder VocalizerEx tadi.
Nanti setiap bahasa akan sejajar posisinya dengan file damayanti yang sudah pertama kali dimasukkan.

Sumber: AndroidMeFun Disunting kembali oleh KOSTOLESTEKSISTIKUSTU

Location: Kota Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

0 comments:

Post a Comment