May 6, 2016

Tutorial Cara Mengaatur Blind Keybord Accessibility

Tutorial Cara Mengaatur Blind Keybord Accessibility

Mungkin dari sebagian besar teman-teman tunanetra tidak asing lagi dengan yang namanya "Blind Keybord Accessibility."
Blind Keybord Accessibility adalah keybord yang dirancang khusus untuk digunakan oleh orang yang mengalami gangguan pengelihatan atau tunanetra.

Kelebihan dari keyboard ini adalah tampilannya yang mirip dengan keyboard PC/Laptop.
Selain itu, keyboard ini juga memiliki tombol-tombol spesial seperti alt, ctrl, tab, home, end, page up, page down, dan tombol-tombol lain yang biasanya tidak ada pada keyboard Android.
Tampilan keyboard ini pun bisa disesuaikan bagi pengguna Low Vision (misalnya warna, kekontrasan, dan sebagainya).

Baca juga:
Mengetik Lebih Mudah Dengan Menggunakan Blind Accessibility Keyboard

Pada kesempatan yang lalu saya pernah membahas tentang keybord ini, namun, saya belum sempat memberikan cara mengatur Blind Keybrord Accessibility ini.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya mengatur settingan Blind Keybord Accessibility ini agar nyaman kita gunakan. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan langkah demi langkah dibawah ini:

  1. Lakukan installasi terlebih dahulu di android teman teman. Jika belum memiliki Applikasinya, silahkan download langsung di Play Store dengan harga RP.10.000.
  2. Silahkan masung ke dalam pengaturan lalu bahasa dan masukkan.
  3. setelah masuk ke dalam bahasa dan masukkan silahkan beri tanda centrang pada blind accessibility keyboard dan ubah default keyboard menjadi blind accessibility keyboard.
    Catatan!
    Versi aplikasi yang saya gunakan adalah 4.0.8 dan untuk aplikasi Blind Keybord Accessibility-nya setelah di install berubah nama menjadi BAK Dev.
  4. Masuk pengaturan blind accessibility keyboard./BAK Dev
  5. Masuk memilih letak keybord.
    disini, teman-teman bisa pilih keybord sesuai dengan yang teman-teman inginkan. Kalau saya sendiri Menggunakan keybordnya adalah US-QWERTY Pluss.
  6. Setelah selesai memilih keybord, silahkan klik tombol kembali sekali untuk kembali lagi di Pengaturan Blind Keybord Accessibility/BAK Dev.
  7. Kemudian Geser ke kanan sampai ketemu dengan mode tap, disini kita dapat memilih keybordsesuai dengan apa yang kita inginkan.
    tap ganda untuk mengetik, metodenya dengan menggunakan cara ketuk dua kali pada layar, layaknya keyboard Iphone.
    sedangkan angkat untuk mengetik, ini seperti biasa, jadi saat menemukan huruf, kita tinggal mengangkat jari kita maka huruf akan tertulis.
  8. Otomatis huruf besar, kalau ini terserah teman teman mau aktif atau tidak.
    ini berfungsi untuk huruf besar saat pertama mengetik.
  9. Masuk key kecepatan mengulang.
    Rubahlah disitu menjadi 0, dan kemudian ketuk dua kali pada ok tombol untuk save./menyimpan
  10. histori Klipboard. Ini terserah mau aktif atau tidak, dia berfungsi menimpan salinan di paan klip/papan klip.
  11. Untuk blind accessibility keyboard version 3.4.1 keatas, ada setting tambahan yang harus dimatikan, ya itu otomatis mengoreksi. fitur ini lebih baik di buat no agar tidak menggangu ketika mengetik.
  12. Untuk settingan lain seperti warna, kekontrasan, Suara, getar dll saya rasa teman-teman bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan selera teman-teman.
  13. Selesai

Demikian postingan saya tentang Tutorial Cara Mengaatur Blind Keybord Accessibility, semoga dapat bermanfaat bagi temen-teman KOSTOLESTEKSISTIKUSTU

Location: Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

1 comments: