Mar 1, 2017

5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Oleh Sobat Tunanetra Di Grup WhatsApp Berserta Solosinya

5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Oleh Sobat Tunanetra Di Grup WhatsApp Berserta Solosinya

Bagi sobat-sobat KOSTOLESTEKSISTIKUSTU yang aktif di grup WhatsApp Tunanetra pasti sering menemui pertanyaan-pertannyan yang sering diajukan oleh anggota grup tentang permasalahan yang ada di WhatsApp.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering kita temui diantaranya adalah [bagaimana cara membaca artikel panjang di WhatsApp, sampai bagaimana caranya memberikan nada notifikasi khusus di grup WhatsApp].

Karena hal diatas, saya mempunyai inisiatip untuk menulis artikel "5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Oleh Sobat Tunanetra Di Grup WhatsApp Berserta Solosinya."
5 pertanyaan itu diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama yang sering ditanyaakan oleh sobat-sobat Tunanetra adalah bagaimana cara membaca artikel panjang di WhaatsApp?
    Pertanyaan ini sering muncul dikarenakan jika ada artekel panjang di WhatsApp pasti ada perintah untuk klik baca selanjutnya. Permasalahan yang ditemui adalah Screen Reader TalkBack maupun ShinePluss agak susah untuk mengeksekusi perintah ini. Perlu ada trik khusus untuk mengatasi permasalahan ini. Diantara beberapa trik yang saya temukan, ada satu trik mudah yang bisa sobat lakukan yaitu daengan cara klik dua kali dan tahan pada artikel yang ingin sobat baca sampai ada notifikasi getar; lalu geser ke arah kanan dengan satu jari sampai menemukan tombol balas; setelah ketemu silahkan klik dua kali kemudian geser dengan satu jari ke arah kiri sampai menemukan artikel yang ingin sobat baca. Disini artikel dapat dibaca dari awal sampai akhir tampa ada perintah baca selajutnya.
  2. Pertanyaan yang kedua yang sering ditanyakan adalah bagaimana caranya Mention seseorang di WhatsApp?
    Untuk mention seseorang caranya cukup ketik tanda @ lalu nanti akan muncul nama-nama kontak yang tergabung di grup WhatsApp tersebut, kemudian kita tinggal geser dengan satu jari ke arah kiri/kanan sampai ketemu nama yang ingin kita mention lalu klik dua kali pada nama yang diinginkan.
    Jika cara ini kurang praktis, sobat bisa tambahkan minimal tiga huruf/nomer pertama setelah tanda @ .
    Contoh: jika kita ingin mention nama "Bejo Mukidi," kita tinggal tulis @Bej kemudian kita tinggal geser dengan satu jari ke arah kiri/kanan sampai ketemu nama "Bejo Mukidi," setelah itu silahkan klik dua kali untuk mengeksekusinya.
  3. Pertanyaan ketiga yang sering ditanyaakan adalah bagaimana cara mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan pada group WhatsApp?
    Saat kita mengirim sebuah pesan pada whatsApp, status-statusnya berdasarkan symbol adalah:
    • Ikon Jam: Pesan sedang dalam proses mengiriman.
    • Satu buah checklis abu-abu: Pesan telah berhasil dikirim namun belum sampai kepada penerima.
    • Dua buah checklis abu-abu: Pesan telah berhasil sampai kepada penerima.
    • Dua buah checklis Biru: pesan telah dibaca oleh penerima.
    Namun simbul-simbul ini tidak bisa terbaca oleh Screen Reader. Untuk mengetahuinya, silahkan sobat-sobat buka Aplikasi WhatsApp lalu masuk ke salah satu group yang diinginkan. Kirim pesan baru di group jika sobat ingin melakukan percobaan yang benar-benar dari awal, namun bila tidak pun sobat bisa menggunakan pesan yang telah dikirim oleh sobat sebelumnya dalam group tersebut. Kemudian silahkan klik dua kali dan tahan pada pesan yang telah dikirim oleh sobat sampai ada notifikasi getar; lalu geser ke arah kanan dengan satu jari sampai menemukan tombol Info lalu klik dua kali. Setelah memilih Info akan muncul jendela baru yang memberikan detail informasi yang berkaitan dengan pesan tersebut seperti kepada siapa saja pesan telah terkirim, oleh siapa saja pesan telah dibaca, dan kepada siapa saja pesan belum terkirim. Trik ini bisa juga sobat gunakan ketika di personal chat/pesan pribadi.
  4. Pertanyaan keempat yang sering ditanyakan adalah bagaimana caranya menyimpan pesan/artikel penting di WhatsApp?
    Untuk menyimpan pesan/artikel di WhatsApp sobat bisa menggunakan Fitur Pesan Berbintang. Fitur Pesan Berbintang memampukan sobat untuk menyorot dan menyematkan sebuah pesan spesifik sehingga sobat dapat dengan mudah menemukannya nanti. Untuk menggunakan Pesan Berbintang sobat bisa melakukan dengan cara klik dua kali dan tahan pada pesan/artikel yang ingin sobat simpan sampai ada notifikasi getar; lalu geser ke arah kanan dengan satu jari sampai menemukan tombol Bintang, silahkan klik dua kali untuk menggunakannya.
    Untuk melihat daftar pesan berbintang, sobat silahkaan Buka WhatsApp, ketuk pada Tombol Menu, lalu ketuk pada Pesan berbintang.
  5. Pertanyaan kelima yang sering ditanyakan adalah bagaimana caranya memberikan nada notifikasi khusus di grup WhatsApp?
    Untuk memberikan nada notifikasi khusus di grup WhatsApp, sobat dapat melakukan dengan cara masuk terlebih dahulu ke grup yang diinginkan, kemudian klik opsi lain, cari info grup, lalu geser ke kiri/kanan sampai ketemu tombol Notifikasi Khusus, Beri tanda centrang pada gunakan Notifikasi Khusus. Dan untuk merubah nadanya, silahkan klik pada tombol Nada Notifikasi.

Nah itu "5 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan oleh Sobat Tunanetra Di Grup WhatsApp Berserta Solosinya."

Location: Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

2 comments:

  1. Hai! Itu yang pas buat saya mas bayu! Saya menbgalami problem artikel yang sering saya baca, dan sering kata-katanya seperti "Read more:, atau baca selengkapnya". Ouwch!

    ReplyDelete